Senin, 10 Desember 2012

Metode Pengumpulan Biaya Produksi


Hello !!
Saat ini kita mau mengintip materi tentang Metode Pengumpulan Biaya Produksi, pada perusahaan manufaktur tentunya.
Nah, metode pengumpulan biaya produksi pada perusahaan manufaktur bergantung kepada karakteristik produksi perusahaan yang bersangkutan.
Dilihat dari sudut karakteristik produksi, perbedaan perusahaan manufaktur adalah sevagai berikut :
·         Perusahaan yang membuat lebih dari satu jenis barang
Di perusahaan ini, produk yang dihasilkan terdiri atas berbagai jenis produk yang masing-masing memiliki cirri-ciri (identitas) tersendiri. Misalnya dalam perusahaan mebel membuat meja, almari, dan kursi. Setiap jenis mempunyai ciri-ciri tersendiri yang berbeda dengan ciri-ciri jenis lainnya. Tiap satuan pada jenis produk yang sama juga dapat berbeda, misalnya meja tulis yang diproduksi terdiri atas meja tulis dengan ukuran 120x70cm dan meja tulis dengan ukuran 100x70cm. Biaya produksi untuk membuat satu jenis produk tentu akan berbeda dengan biaya produksi untuk membuat produk jenis lainnya, maka harga pokok tiap jenis produk tidak sama. Oleh karena itu, biaya produksi yang digunakan untuk membuat setiap jenis produk harus dikumpulkan secara tersendiri. Metode pengumpulan biaya demikian disebut metode harga Pokok Pesanan (Job Order Cost Method).
·         Perusahaan yang membuat satu jenis barang
Dalam perusahaan yang membuat satu jenis barang, produksi delakukan secara massal, artinya proses produksi menghasilkan produk yang sama, baik kualitas, ukuran maupun bentuk, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Biaya produksi untuk tiap unit produk yang dihasilkan tentu sama sehingga biaya produk tidak perlu dikumpulkan tersendiri. Harga pokok produk dihitung dengan cara mengumpulkan biaya produksi  yang terjadi dalam satu periode tertentu, kemudian dibagikan sama rata kepada produk yang bersangkutan. Metode pengumpulan biaya demikian disebut metode Harga Pokok Proses (Process Cost Method).

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya ada dua metode pengumpulan biaya, yaitu:
A.     Metode Harga Pokok Pesanan
Metode ini digunakan oleh perusahaan yang membuat lebih dari satu jenis barang. Metode harga pokok pesanan adalah cara pengumpulan biaya produksi, dimana biaya produksi untuk pembuatan tiap jenis atau unit produk dikumpulkan secara tersendiri, terpisah dari biaya produksi untuk pembuatan jenis atau unit produk lainnya.
B.     Metode Harga Pokok Proses
Metode ini digunakan oleh perusahaan yang membuat satu jenis barang. Metode harga pokok proses adalah cara pengumpulan biaya produksi dimana biaya-biaya produksi dikumpulkan untuk satu periode tertentu, kemudian dibagikan sama rata kepada produk yang dihasilkan pada periode yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar